Pentingnya Memiliki Asuransi Pendamping BPJS Kesehatan

Indonesia memiliki satu layanan perlindungan jiwa yang berharga terjangkau, yakni BPJS kesehatan. Layanan ini dinilai sudah cukup bagi beberapa masyarakat, namun masih ada beberapa masyarakat yang merasa bahwa layanan ini kurang. Akhirnya banyak yang berpikiran untuk mengambil asuransi lain di luar BPJS ini.

Hal ini semakin dimudahkan karena banyak asuransi kesehatan yang bergabung dengan asuransi lainnya. Misalnya saja asuransi mobil di Indonesia yang bisa dijadikan satu dengan perlindungan jiwa. Jadi selain diri sendiri yang dilindungi, asuransi ini juga melindungi kendaraan yang dimiliki. Namun, pertanyaannya apakah semua orang membutuhkan hal tersebut?

Manfaat Memiliki Asuransi Pendamping Selain BPJS Kesehatan

Seperti yang dikatakan tadi bahwa banyak asuransi yang mulai digabungkan. Sebagai contoh asuransi mobil di Indonesia yang juga bisa melindungi jiwa. Biasanya perlindungan ini akan didapatkan ketika seseorang mengalami kecelakaan. Kalau dilihat, maka manfaat memiliki asuransi pendamping adalah lebih luasnya perlindungan. Tentu ada banyak lagi manfaat yang bisa dirasakan, diantaranya.

1. Waktu Penanganan Lebih Cepat

Bukan sebuah rahasia lagi kalau penanganan yang dilakukan dari BPJS kesehatan memakan waktu yang tidak sebentar. Terutama untuk kasus rujukan, waktu yang dibutuhkan tidak sedikit apalagi kalau asuransi swasta menjadi perbandingannya. Karena itu apabila ingin mendapatkan perlindungan yang lebih cepat, ada baiknya untuk menggunakan asuransi swasta sebagai pendamping.

2. Hal yang Dilindungi Lebih Menyeluruh

Tadi sudah dikatakan kalau sudah banyak asuransi yang menawarkan perlindungan ganda. Sebagai contoh apabila mengambil layanan perlindungan jiwa dan asuransi mobil di Indonesia, maka perlindungannya lebih berlapis saat mengalami kecelakaan. Berbeda dengan BPJS yang hanya menanggung biaya perlindungan jiwanya saja. Jadi kalau ingin merasa lebih tenang, bisa memilih layanan ini.

3. Lebih Banyak Pilihan Rumah Sakit

Rumah sakit swasta di Indonesia apabila dibandingkan dengan rumah sakit negeri, maka lebih banyak rumah sakit swasta. Selain itu tidak semua rumah sakit bisa menggunakan BPJS kesehatan. Jadi dengan memiliki asuransi pendamping maka konsumen bisa sedikit lebih leluasa dalam memilih rumah sakit. Karena itu ini pentingnya memiliki asuransi lain sebagai pendamping BPJS.

4. Penanganan Lebih Maksimal

Pada beberapa kasus, banyak pengguna BPJS yang tidak mendapatkan penanganan maksimal. Bagi yang khawatir dengan hal tersebut, maka ada baiknya untuk memiliki asuransi pendamping. Jadi kalau BPJS tidak bisa melakukan perlindungan atau penanganan, ada asuransi pendamping yang bisa melakukannya. Tentu dengan begitu konsumen dapat merasa lebih tenang dan tidak khawatir.

5. Tidak Perlu Khawatir Excess Claim

Saat terjadi excess claim atau kelebihan klaim di BPJS, maka selisih dari kelebihan tersebut harus ditanggung oleh konsumennya. Bagi sebagian orang ada yang ingin hal ini  tidak terjadi, apalagi kalau kondisi sedang panik. Karena itu demi meminimalisir terjadinya hal ini, ada baiknya untuk menambahkan asuransi yang dimiliki supaya tidak perlu khawatir tentang kelebihan klaim ini.

Perlu Tidak Menggunakan Asuransi Kesehatan Lain?

Melihat pembahasan di atas, pertanyaannya adalah perlukah memiliki asuransi kesehatan lainnya selain BPJS. Jawabannya adalah perlu, namun tetap memperhatikan kondisi keuangan yang dimiliki. Apabila keuangan tidak terlalu mencukupi, maka BPJS saja sudah cukup. Karena perlindungan yang diberikan juga sudah lumayan.

Tapi kalau memang memiliki dana yang berlebih, dan ingin mendapatkan perlindungan yang lebih maksimal lagi maka tidak ada salahnya untuk menggunakan asuransi tambahan. Cari saja yang memiliki harga terjangkau setiap bulannya. Jadi tidak terlalu memberatkan konsumen saat harus membayar asuransi dan juga BPJS kesehatan. Dengan begitu, pengeluaran juga tidak akan membengkak terlalu besar.